9.01.2019

Review Kelemahan dan Kelebihan Samsung Galaxy Note 10 Plus


ARENANDROID | Samsung Galaxy Note 10 Plus saat  ini baru rilis di Indonesia dan pastinya ada banyak kelebihan dan kekurangan dari HP Android ini. Sebelum Anda membelinya maka simak penjelasan dibawah ini.

Langsung saja. Berikut beberapa alasan hasil review Samsung Galaxy Note 10 Plus yang saya temukan kelebihan dan kelemahan yang ada.

Kelebihan Samsung Galaxy Note 10 Plus

1. Dari Segi Layar / Display
Samsung Galaxy Note 10 Plus dilengkapi dengan Dynamic AMOLED dengan besaran layar 6,8 inci dan beresolusi Quad HD+ (3.040 x 1.440 piksel). Samsung selalu memperhatikan kualitas layar dengan desain terbaik. Layar ini telah mendukung teknologi HDR10+ untuk menghasilkan tampilan yang ciamik dan memanjakan mata.

Galaxy Note 10 Plus hadir dengan tampilan notch baru. Meski berada di tengah atas, ‘poni’ kecil ini sedikit terpisah dari bagian bingkai. Di mana ini baru pertama kali dibuat oleh Samsung.

2. Pembaruan di S-Pen
S-Pen memiliki sedikit pendesainan ulang dengan tampilan yang lebih miring pada ujung pen-nya dan memiliki beberapa fungsi baru. Fitur Air Actions juga membawa motion baru terhadap pena untuk mengambil foto, mengubah mode kamera, dan bahkan memperbesar kamera tanpa menyentuh layar ponsel.

Tidak hanya itu, aplikasi Augmented Reality (AR) Doodles juga hadir yang memungkinkan kamu menggambar dengan latar live di dunia nyata. Tentu hal ini dapat menambah kreasi kamu untuk mendekorasi objek sesuka hati.

Fitur yang terakhir disebut sendiri juga bisa ditemukan pada ‘saudara kembarnya’, yakni Galaxy Note 10.

3. Kebutuhan Gaming Terpenuhi
Jeroan yang dimiliki oleh Galaxy Note 10+ sudah jauh lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas gaming berat dan intensif sekali pun. Hal ini berkat dukungan chipset Samsung Exynos 9825 berfabrikasi 7 nanometer (nm) dan kecepatan hingga 2,7 gigahertz (GHz).

Samsung Galaxy Note 10 Plus didukung RAM layaknya laptop dengan kapasitas hingga 12 GB!. Membuka game berat sambil membuka aplikasi lain sama sekali tidak akan jadi masalah pada ponsel ini. Artinya tetap smooth dan lancar.

4. Baterai Jumbo dan Fast Charging Kilat!
Satu lagi hal yang membuat para penggemar akan terkagum pada smartphone ini, yaitu kapastias baterainya yang sebesar 4.300 mAh! Jarang sekali Samsung memberi kapasitas baterai sebesar ini pada jajaran handphone premiumnya.

Tak cukup, kamu juga bisa menikmati begitu cepatnya proses pengisian daya baterai berkat fast charging 45 Watt (W)! Kemampuan ini tiga kali lipat lebih tinggi dibanding yang dimiliki oleh pendahulunya.

5. Pembaruan di Kamera
Kamera Samsung Galaxy Note 10 Plus mirip dengan seri Galaxy S10. Yang membedakan berada di pembaruan dengan tiga kamera, yaitu kombinasi  12 MP + 16 MP (ultrawide) + 12 MP (telephoto).

Samsung Galaxy Note 10 Plus ini juga dilengkapi bukaan lensa yang secara otomatis, antara f/1.4 hingga f/2.4 yang berfungsi untuk menangkap gambar dalam kondisi pencahayaan yang sulit.

Meski konfigurasi kamera terilang mirip pendahulu, tapi Galaxy Note 10 series punya kemampuan spesial. Yakni mampu fokus pada objek ketika merekam video. Ini sangat membantu tugas para content creator untuk proses perekaman.

aksesoris pelindung handphone - waterproof
Di kolam renang ingin tetap foto-foto menggunakan handphone? Ini solusinya!
Baca Juga: Review Samsung Galaxy A80: Pertama dengan Tiga Kamera Putar

6. Under Display Fingerprint
Fitur fingerprint under display yang unik dan juga cepat ini hadir pada salah satu ponsel tercanggih abad ini. Walaupun fitur ini telah banyak juga yang menggunakan. Tetapi, sensor sidik jari di bawah layar merupakan hal yang tidak dimiliki oleh Galaxy Note 9.

7. DeX untuk PC Makin Praktis
Mirip seperti Note 10, fitur DeX ini dapat ‘menyulap’ smartphone menjadi layaknya ‘otak’ dari personal computer (PC). Yang kamu butuhkan hanyalah penyambung USB Type-C ke USB Type-C, atau bisa juga USB Type-C ke USB Type-A.

8. Mendukung Jaringan dengan Kecepatan 5G
Samsung menghadirkan versi dengan konektivitas jaringan seluler tercanggih saat ini, yakni 5G. Dengan ini, koneksi internet akan jauh lebih cepat dan tanpa hambatan. Meski kini belum semua negara mendukung teknologi tersebut

Kekurangan Samsung Note 10+

Melihat kelebihan-kelebihan diatas rasanya sudah tidak ada lagi kelemahan-kelemahan yang dimiliki Samsung Galaxy Note 10 Plus. Tapi ada kekurangan dalam hal di atas. Demi bentang layar yang tanpa bezel, Samsung Note 10+ harus merelakan pindai iris mata yang bisa disebut sebagai pengamanan ekstra dari seri sebelumnya.

Pengunci fingerprint dalam layar masih kurang responsif di awal penggunaan. Tapi, setelah ada pembaruan software, pemindai sidik jari terasa lebih sensitif.

Layar bezelless juga sedikit mengganggu saat ngegame. Karena, tidak ada pegangan tangan di pinggiran Samsung Note 10+. Hal ini membuat sering tidak sengaja menyentuh fungsi dari tombol dalam game atau navigasi.

Posisi speaker yang berada di atas biasanya agak sedikit mengganggu karena lubang kjalan speaker tertutup oleh tangan sehingga kurang sempurna dalam penggunaan game.

Perubahan juga saya alami ketika akan screenshoot momen tertentu. Tanpa kehadiran tombol samping kanan membuat saya menggunakan cara gesture dengan telapak tangan. Karena, tombol yang berada di samping kiri semua dan berdekatan membuatnya susah untuk melakukan screenshot.

Ya, ini gegara Samsung tak rela tombol Bixby hilang begitu saja. Fitur perintah suara lewat tombol pintasan harus dipertahankan, mungkin itu yang ada di benaknya.

LED notifikasi tidak ada di Samsung Note 10+. Demikian pula sensor detak jantung, walaupun fitur ini cukup jarang di pakai di Galaxy Note 9. Hal sederhana sih namun cukup membantu untuk kenyamanan daily usage.

Tidak Ada Upgrade untuk Versi Chipset Qualcomm
Samsung menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 855 pada versi Galaxy Note 10 untuk pasar Amerika Serikat dan China. Hal ini sedikit di luar prediksi, karena sebelumnya banyak yang menyebut pablet ini bakal mendapat pembaruan prosesor ke Snapdragon 855+.

Samsung Galaxy Note 10 Plus membawa peningkatan chipset, dari Samsung Exynos 9820 (8 nm) ke Exynos 9825 (7 nm) .

Kemampuan Zoom Kamera Masih Sama
Salah satu dari ketiga lensa yang dimiliki kamera utama Galaxy Note 10 adalah telephoto, yang mana ini berguna untuk meningkatkan kemampuan zoom. Sayangnya, tidak ada peningkatan pada fitur ini.

Galaxy Note 10 masih hanya mampu melakukan optical zoom hingga dua kali. Di mana, flagship dari brand lain ada yang memiliki kemampuan optical zoom hingga lima kali.

Kesimpulannya adalah HP Android Samsung Galaxy Note 10 Plus sangat Worth It digunakan. Dari segi harga memang cukup berbeda dengan HP Android lainnya yaitu lebih mahal. Namun sangat wajar jika fitur hebat yang Anda dapatkan ini karena benar-benar sempurna.

Mulai aja dulu.