9.21.2019

Cara Install Aplikasi dengan Sumber Tidak Dikenal di HP Android


Arenandroid | Install Aplikasi Sumber Tidak Dikenal / Unknown Source  Setiap ponsel sebenarnya sudah di proteksi oleh OS seperti Android. Android pada dasarnya merupakan sebuah sistem operasi open source atau sistem terbuka. Artinya siapa saja bisa memodifikasi dari sistem operasi ini. Hanya saja diperlukan keamanan agar HP tersebut lebih aman dari kesalahan.

Namun setiap orang tidak semudah itu untuk mengobrak abrik isi dari sistem Android. Walaupun sudah banyak developer yang berusaha mempercantik dari sistem Android yang ada dan bahkan telah banyak developer yang membuat aplikasi diluar sepengetahuan Android di kemudian harinya mereka-mereka di kerjakan langsung oleh Google untuk mengembangkan sistem Android.

Android tetap akan mencekal beberapa aplikasi yang yang dibuat oleh developer-developer tidak bertanggung jawab guna menjaga sistem keamanan ponsel Androidnya. Maka dari itu Android menonaktifkan sistem Androidnya untuk menginstall aplikasi yang tidak dikenal. Sebenarnya Android hanya mengijinkan menginstall aplikasi dari Playstore saja. Karena bagi Android aplikasi yang dipercaya adalah bersumber dari Playstore saja. Playstore juga telah di percaya atas penyaringan ketat aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk di unduh oleh pengguna.

Untuk install aplikasi di Playstore Anda harus menggunakan data internet. Anda tidak dapat melakukan pemasangan aplikasi secara offline di Playstore.

Lalu adakah cara lain agar kita bisa menginstall aplikasinya secara offline / tidak memakai data internet?

Android merupakan sistem operasi terbuka. Hal ini para developer dapat mengembangkan aplikasi yang ada untuk di modifikasi sesuai keinginan dan bahkan developer saat ini sudah dapat menciptakan aplikasi sendiri kemudian dibagikan ke media internet yang ada untuk di download dan di install pengguna android lainnya.

Karena aplikasi tidak bersumber dari Palystore maka aplikasi tersebut di anggap "sumber tidak dikenal / unknown source" oleh Android. Aplikasi mereka tidak dipercaya karena aplikasi tersebut tidak secara resmi berasal dari developer android resminya. Sehinggal Anda dilarang menginstall aplikasi tersebut. 

Tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Anda tetap dapat menginstall aplikasi yang Anda inginkan dengan meminta ijin ponsel Android Anda. Caranya sangat mudah namun setiap Android di Smartphone itu berbeda-beda meskipun pada dasarnya adalah sama.

Hal yang membuat berbeda dari smartphone adalah mereka menggunakan room masing-masing. Samsung misalnya, Samsung memiliki room yang berbeda dengan roomnya Android stock / One bawaan Androinya.

Seperti smartphone yang sedang ramai adalah Samsung, Oppo, Vivo, Nokia, Xiaomi, Advan dan lain-lain. Mereka memiliki room yang berbeda-beda. Sedangkan room itu apa ya maksudnya?.

Room di Android ini secara singkatnya adalah sistem Android yang telah di modifikasi sedemikian rupa oleh developer Smartphonenya. Sehingga setiap smartphone memilik hasil modifikasi yang berbeda pula. 

Kembali ke topik. Apakah sama cara mengaktifkan atau mengijinkan "sumber tidak dikenal / unknown source" di setiap smartphone agar bisa digunakan install aplikasi sesuka hati kita?

Sedikit berbeda karena mereka adalah developer dengan hasil modifikasi yang berbeda. Namun pada dasarnya adalah sama yaitu dari sistem operasi Android.

Silahkan dibaca tutorial / cara mengaktifkan "Sumber Tidak Dikenal /Unknown Source" di:

VIVO
Dll

Mulai aja dulu.